Alat Penghemat BBM Karya Mahasiswa UNAS

Jakarta, BosMobil.com – Setelah dunia otomotif Indonesia dihebohkan dengan hadirnya Mobil Nasional (Mobnas) Esemka, kini giliran kaum akademisi yang unjuk gigi. Para mahasiswa dari Universitas Nasional (UNAS) Jakarta baru saja meluncurkan Eco Power Booster, sebuah alat yang mampu menghemat bahan bakar minyak (BBM) hingga 50 persen.
Penghematan yang bisa mencapai 50 persen ini rupanya menjadi daya tarik tersendiri karena Eco Power Booster buatan mahasiswa Unas ini mampu mengembangkan air sebagai energi untuk kemudian mengubahnya menjadi senyawa-senyawa penyusunnya yaitu hidrogen (H) dan oksigen (O). Elektrolisis air menjadi prinsip dasar untuk mengubah air menjadi senyawa-senyawa penyusunnya. Gas H2 hasil elektrolisis tersebut digunakan sebagai energi bahan bakar yang memiliki tingkat pembakaran lebih tinggi, dibandingkan dengan energi lainnya.
Dalam temuan ini memang tidak sepenuhnya bahan bakar yang digunakan berasal dari air. Namun, penggunaan air dalam Eco Power Booster, membantu mengurangi penggunaan BBM. Bahkan Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo telah berani menggunakan alat racikan Anak Bangsa tersebut pada kendaraannya. “Sudah dipasang di mobil saya. Nanti kalau ternyata alat ini memuaskan, kan banyak juga yang menggunakan,” ujar Widjajono ketika ditemui BosMobil di Jakarta.
Ia menuturkan ada banyak cara ,mengatasi kebaikan harga minyak. Diantaranya dengan menaikkan harga BBM, penggunaan energi alternaitif seperti gas atau menggunakan transportasi umum. “Namun bisa juga diatasi dengan meningkatkan kompetensi kita seperti dengan penemuan alat ini,” ungkapnya.

Bosmobil.com – Posted: 24 February 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: