Wow, Ada Motor Berbahan Bakar Air

INILAH.COM, Jakarta –Mahasiswa Universitas Nasional (Unas) berhasil membuat alat penghemat bahan bakar dengan menggunakan air. Alat ini bisa digunakan pada kendaraan bermotor.
Kepala Labolatorium Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional, Eddy Arifin mengungkapkan mahasiswanya berhasil menemukan cara bagaimana air dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.
Meskipun air tidak sepenuhnya menggantikan bahan bakar, paling tidak alat ini bisa menghemat penggunaan bahan bakar hingga 70 persen. “Penemuan ini menghasilkan dua keuntungan, yakni pertama penghematan terhadap bahan bakar dan kedua hasil pembakaran yang dihasilkan cukup ramah lingkungan,” kata Eddy Arifin di sela-sela acara pembukaan Pekan Produk Kreatif Daerah 2011, di Balai Sarbini, Jakarta, Kamis (23/6/2011).
Dijelaskan Eddy, penemuan tersebut tetap menggunakan bahan bakar minyak. Namun, alat buatan mahasiswanya itu bisa menghemat bensin hingga 70 persen. Di dalam air terdapat kandungan H2O, yang dibagi menjadi H2 (hydrogen) dan O2 (oksigen). “Untuk menjadi bahan bakar, keduanya dipisahkan menggunakan proses Electrolysa Air,” jelasnya.

Proses tersebut merupakan proses konvensional dan pernah dikomersilkan 80 tahun lalu, jadi bukan merupakan proses baru lagi. Tetapi sekarang pengembangannya lebih bervariasi, mulai dari bahan, proses, dan desain, kita namakan ini Eco Power Booster.

Saat ini, baru 40 kendaraan roda empat dan 20 kendaraan roda dua yang menggunakan teknologi ini. Harga yang ditawarkan untuk alat ini yakni Rp 3 juta untuk kendaraan roda empat dan Rp 1,5 juta untuk kendaraan roda dua. [tjs]

 
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan – Kamis, 23 Juni 2011 | 21:20 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: