Wujudkan Go Green, Telkom Indonesia Lirik Eco Power Booster UNAS

Herlina, A.Md. – 04 Sep 2012, 12:56 WIB (unas.ac.id)
PT. Telkom berharap melalui kunjungan tersebut pihaknya dapat memanfaatkan serta mengoperasikan Eco Power Booster (EPB)Unas untuk mendukung terciptanya “Telkom Go Green”.
Jakarta (UNAS) – Langkah penyelamatan bumi melalui “Go Green” semakin digencarkan di berbagai negara belahan dunia termasuk Indonesia. Salah satu bukti nyata yang dilakukan adalah upaya PT. Telkom Indonesia untuk menciptakan Indonesia Go Green melalui penghematan terhadap energi listrik. Menariknya, perusahaan yang berpusat di Bandung ini menggandeng Universitas Nasional guna mewujudkan hal tersebut.
Hal itu dibuktikan dalam kunjungan dua delegasi PT. Telkom Indonesia yakni Yohanes Suharsono dan Wahyu Novian, C.M ke Laboratorium Otomotif Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Nasional pada Senin, 3 September 2012. “Pertemuan ini sebenarnya merupakan langkah awal kerjasama antara UNAS dengan PT. Telkom dalam melakukan riset bersama menuju arah Go Green, salah satunya adalah pemanfaatan Eco Power Booster (EPB) pada genset agar dapat menghemat energi listrik,” papar Dekan Fakultas Teknik dan Sains Unas, Ir. Ajat Sudrajat, ST.,MT saat ditemui di Lab Otomotif FTS, Jl. Harsono RM No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (3/9).
Pada kesempatan yang sama, delegasi PT. Telkom, Yohanes Suharsono berharap melalui kunjungan tersebut pihaknya dapat memanfaatkan serta mengoperasikan Eco Power Booster (EPB)Unas untuk mendukung terciptanya “Telkom Go Green” yang sudah mulai berjalan empat bulan ini. “Maksud kedatangan kami juga ingin meniliti dan menguji Eco Power Booster sesuai dengan prosedurnya baik dari cara pemasangan hingga cara kerjanya,” imbuh Yohanes.
Dalam acara tersebut, salah satu dosen FTS Unas sekaligus pencipta EPB, Eddy Arifin menjelaskan secara rinci komponen – komponen dan cara kerja EPB pada generating set (genset) sebagai alat pembangkit tenaga listrik. Disela pemaparannya, Eddy mengingatkan bahwa setiap energi terbarukan ini tidak dapat berjalan sendiri, ada batasan – batasan yang perlu dipasangkan dengan hal lainnya. Eddy juga coba memperlihatkan bahwa dalam pemanfaatan EPB, pengaturan menjadi hal yang sangat penting sehingga dibutuhkan berbagai cara untuk melihat bagaimana cara menghasilkan kekuatan yang sama dengan menggunakan bahan bakar yang jumlahnya telah dikurangi dari pemakaian biasanya.
“Jika kerjasama riset ini berjalan, tentunya Unas akan membantu dalam memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap Eco Power Booster (EPB), terlebih saat ini pemanfaatan EPB mulai merambah kepada nelayan – nelayan di Indonesia,” ujar Ajat.
Tidak hanya melakukan penelitian dan pengujian EPB terhadap genset, Unas dan PT. Telkom juga berencana untuk melakukan riset bersama bagaimana membangkitkan listrik menggunakan gravitasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: