Kemasan Tabung Fleksibel 3kg di Rumah Tangga

 

Woooow!!!!……sudah ada ya kemasan pelindung tabung LPG fleksibel 3kg yang katanya suka meledak….
Ini Infonya…..dan masih banyak lagi jika telusuri di Internet……

Ngeri ya lihat informasi gambar diatas….
Apa yang sebenarnya terjadi dengan ledakan tabung LPG 3kg yang sering disebut dengan tabung melon????
Ledakan terjadi akibat penggunaan tabung gas LPG 3kg karena adanya kebocoran gas yang diakibatkan oleh :
1. tabung yang rusak
2. valve atau katup tabung yang rusak
3. pipa atau selang yang bocor
4. kompor gas yang rusak
5. Regulator yang rusak
Menurut data dari BSN yang menjaga SNI dari sertifikasinya terhadap ledakan ternyata yang paling besar ledakan terjadi sesuai urutannya diakibatkan selang, katup, regulator dan terakhir tabung (lihat tabel dibawah).
 
Dapat dilihat diatas bahwa akibat bocornya gas dari komponen penggunaan bahan bakar gas LPG dirumah tangga atau apatement akan mengakibatkan ledakan yang dapat merugikan keluarga dan harta benda.
Bocornya gas LPG dari tabung LPG 3kg akan mengakibatkan gas keluar dan tersebar dalam ruangan. Jika tidak ada ventilasi ruangan yang membuat gas dapat keluar ruangan maka akan terjadi pencampuran gas dan udara. Jika konsentrasi dan jumlah gas dan udara dalam ruangan menjadi sama maka dengan adanya percikan api akan menyebabkan ledakan yang sangat dashyat. Hal ini akan membahayakan nyawa, harta benda dan lingkungan sekitarnya.
Pertanyaan berikutnya adalah apakah tabung dapat meledak jika diberikan percikan api didalam tabung???
Pertanyaan ini akan dijawab dengan jawaban tidak akan terjadi ledakan. Mengapa ledakan tidak terjadi dalam kasus ini??? Hal ini disebabkan oleh tidak adanya udara atau oksigen dalam tabung 3kg. Contoh sederhana sekali adalah ledakan sempurna dalam mesin kendaraan bermotor akan terjadi jika campuran bahan bakar dan udara sama besarnya. Pelaku otomotif menamakan hal pencampuran  ini dengan istilah Lambda = 1 atau AFR = 14,7. Contoh lainnya adalah space shuttle yang mengorbit ke ruang angkasa membawa tabung oksigen sebelah kiri dan gas hidrogen sebelah kanan agar terjadi ledakan sempurna untuk mendorong space shuttle ke ruang angkasa yang hampa udara. Contoh lainnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini, bahwa setiap kejadian ledakan dirumah tangga, tabung 3kg tetap utuh dengan warna yang berubah menjadi hitam karena api disekitarnya dan tabung bukan pecah berkeping-keping.
 
Kesimpulan dari uraian diatas adalah ledakan akibat penggunaan tabung 3kg akan terjadi jika ada pencampuran gas LPG dan udara (oksigen) dalam ruangan bukan si tabung LPG 3kg meledak dengan sendirinya jika ada percikan api. Kesimpulan berikutnya adalah hindari gas LPG keluar atau bocor sehingga gas LPG tersebut pekat dan jenuh dalam ruangan serta bercampur dengan udara atau oksigen.
Bagaimana caranya mengindari bocornya gas LPG keluar tabung dan berkumpul didalam ruangan???
Caranya adalah dengan menggunakan kemasan yang melindungi tabung LPG 3kg, katup tabung dan regulator yang menjadi sistem satu kesatuan dalam penggunaan gas LPG menggunakan tabung LPG 3kg. Kemasan akan menjadi tabung kedua setelah tabung gas LPG itu sendiri. Kemasan harus kedap sehingga gas LPG yang bocor dari sistem tabung LPG 3kg dapat dihindari.
Dengan adanya kemasan tabung 3kg yang kedap maka kebocoran gas LPG dari tabung LPG 3kg yang mengakibatkan ledakan dapat dihindari. Selain itu kemasan harus dilengkapi dengan sensor elektronik sehingga jika dalam kemasan terdapat kebocoran gas LPG akan dapat dideteksi dini dengan membunyikan alarm dan melakukan aksi membuang gas LPG keluar ruangan (udara bebas) melalui outlet buang gas LPG.
Dapat dilihat pada gambar dibawah ini features dari kemasan yang kami namakan GASKIT (Hasil Inkubasi Inovasi Teknologi – Inkubator Bisnis & Teknologi LIPI).
Dengan tahapan yang mudah dalam pemasangan (lihat gambar dibawah ini).
 Diharapkan dengan adanya kemasan tabung LPG 3kg tidak akan terjadi ledakan lagi dimasa yang akan datang. Tabung 3kg akan menjadi aman dipergunakan.
Dipl. – Ing. A. Hakim Pane

Tinggalkan komentar