Jalur Distribusi Bahan Bakar Gas (BBG)

Jalur Distribusi Compressed Natural Gas (CNG)

SPBBG merupakan singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas, merupakan filling station untuk pengisian BBG, yang bentuknya hampir sama dengan SPBU. Saat ini hanya terletak di DKI Jakarta.
PERTAMINA bekerja sama dengan pihak swasta untuk memasarkan BBG. SPBG dibangun di sepanjang jalur pipa gas kota, dan saat ini berada di beberapa lokasi di kota Jakarta.
Secara keseluruhan pola jalur distribusi dari BBG digambarkan sebagai berikut :

Jalur Distribusi Elpiji (LPG)

Agen ELPIJI merupakan mitra PERTAMINA yang menjual ELPIJI baik dalam kemasan tabung ataupun curah ke konsumen. Dari Agen ELPIJI, ELPIJI dalam tabung dapat dijual langsung ke konsumen ataupun melalui pengecer (toko, warung, dll). Saat ini Agen ELPIJI sudah terdapat di seluruh Indonesia. Pembelian dapat dilakukan melalui Agen resmi PERTAMINA atau modern outlet.
Sejak bulan Oktober tahun 2004, PERTAMINA telah menjajaki kerjasama dengan modern outlet untuk memasarkan ELPIJI PERTAMINA. Modern outlet yang telah bekerja sama dengan PERTAMINA saat ini adalah Indomaret. Saat ini, ELPIJI telah bisa didapat melalui gerai Indomaret di daerah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Surabaya.

Secara keseluruhan pola jalur distribusi dari Elpiji digambarkan sebagai berikut :

Jalur Distribusi Vi Gas (LGV)



Jalur Distribusi Musicool

Agen Musicool merupakan kepanjangan tangan PERTAMINA dalam memasarkan Refrigerant Musicool ke konsumen. Pembelian dapat dilakukan melalui Agen Musicool. Untuk Musicool, pengambilan produk dilakukan oleh Agen Musicool ke LPG FP Tg. Priok atau ke Kilang UP III Plaju, dan kemudian menjualnya ke konsumen.

Secara keseluruhan pola jalur distribusi dari Musicool digambarkan sebagai berikut :

Jalur Distribusi HAP

Tinggalkan komentar